Saturday, March 1, 2014

0

Menjadi Kunang-Kunang di Forum Indonesia Muda #15

Siapa sangka, setelah melalui beberapa seleksi administratif online akhirnya saya bisa lolos dan bisa mengikuti pelatihan pemuda nasional di "Forum Indonesia Muda". Dimana Forum Indonesia Muda ini sering disebut dengan sebutan "FIM" yaitu sebuah platform kepemudaan yang memiliki visi dan misi yang sangat jelas demi terbentuknya Indonesia yang lebih baik.

Di lain sisi setelah perjuangan memperjuangkan administrasi mengikuti acara ini, saya yang awalnya sudah konfirmasi untuk tidak ikut tetapi akhirnya berubah 180 derajat untuk menjadi ikut. Pertimbangan kenapa saya tidak mau ikut ialah karena pas banget ketika saya lagi menyelesaikan paruh waktu di tempat magang, nah kebetulan sebulan sebelumnya saya sudah izin selama 5 minggu karena ada tugas wajib di kampus yang bernama "Pengalaman Belajar Lapangan a.k.a PBL" dimana seluruh mahasiswa tingkat akhir sebelum mengambil mata kuliah KKN diwajibkan untuk mengikuti ini. Gambaran singkat apa itu PBL yah seperti KKN tetapi lingkupnya masih teman-teman se-fakultas sendiri. Karena saya di Fakultas Kesehatan Masyarakat, kegiatan PBL ini senada dengan KKN tetapi lebih diprioritaskan ke permasalahan Kesehatan Ibu dan Balita. Saya dan 9 orang cwe dalam satu kelompok, dapat dibayangkan sendiri gimana sedihnya menjadi seorang cwo dalam kerumunan 9 cwe selama 5 minggu haha.
Tapi yah mau gimana lagi lah ini tugas kuliah dan wajib diambil, masa ya ditinggal. 

Back to topic. Jadi pengalaman sangat banyak yang dapat saya ambil di acara ini. Sebuah persahabat yang mungkin tak akan lekang oleh waktu. Sebuah kebersamaan selama seminggu yang menjadi memori seumur hidup. Kebersamaan yang nantinya akan menciptakan kolaborAKSI dimasa depan demi lingkungan sekitar. Disini saya banyak belajar kepada para sahabat yang meskipun sudah punya sesuatu hingga menyentuh langit tetapi mereka masih tetap low profile. Mereka yang saya temui ini memiliki sifat "Grass Root Understanding" nya minta ampun. Ada yang suka humor menjadikan kebersamaan ketika seminggu ini menjadi sesuatu yang sangat berat untuk ditinggalkan. Yah tau sendiri lah gimana rasanya meninggalkan sesuatu yang menurutmu sangat berharga dibandingakn oleh secarik kertas uang atau logam koin. Kekeluargaan yang sangat kental saya rasakan disini. Meskipun terbatas oleh ruang gerak Taman Wiladatika dan terkungkung dalam batas waktu sepekan. Sangat berat rasanya untuk meninggalkan moment bersama pemuda-pemudi penggerak Bangsa. Senang bisa kenal kalian guys !

Oh iya disini selama pelatihan kepemudaan, beberapa mimpi impian dan harapan saya tak terasa dikabulkan oleh Allah SWT. Misalnya saya dulu berangan-angan ingin ketemu langsung dengan Coach Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri, bahkan pengen ketemu pendiri MER-C Dr. Joserizal Jurnalis. Kenapa dua orang ini yang saya ingin temui, karena kalo yang coach saya ingin temui gara-gara ucapannya ketika menang piala AFC. Selebrasi sujud syukur yang menurut saya T.O.P apalagi salah satu pemainnya bilang “Semua bisa dilawan kecuali Tuhan”. Membuat siapa saja akan merasa optimistis. Tidak ada lagi sekarang pesimisme untuk dunia sepak bola Indonesia. Sedangkan kalo Dr. Joserizal merupakan dokter sekaligus aktivis yang membantu masyarakat korban perang. Jose juga merupakan pendiri organisasi kemanusiaan Mer-C (Medical Emergency Rescue Committe) yang melakukan pertolongan medis dalam wilayah-wilayah konflik dan peperangan. Namun tidak hanya kedua pembicara saja yang menurut saya keren. Ada beberapa pembicara dari pelbagai latar belakang yang memang keren di bidangnya masing-masing. Seperti Pak Anies Baswedan, Pak Dahlan Iskan, Ibu Fahira Idris, dam masih banyak lagi yang saya lupa namanya hehe.

Karena saya suka dengan fotografi, ini beberapa foto yang dapat mewakili saya dalam bercerita :


Foto dengan semua peserta Forum Indonesia Muda Angkatan 15


Foto dengan Pak Dahlan Iskan (Saya dibelakangnya pas :D )


Foto dengan Coach Indra Sjafri (Saya dibelakangnya lagi loh :D )


Ini foto dengan sahabat satu kelompok

Foto lainnya bisa diakses di Facebook : 
https://www.facebook.com/ahadinsfahmi/media_set?set=a.10201803715273516.1073741850.1201077540&type=3


0 komentar: