Friday, January 18, 2013

0

Apa Itu Citizen Journalism ?


Apa Citizen Journalism?

Cukup sederhana jika dijelaskan, Citizen Journalism adalah ketika seorang warga yang pada dasarnya melakukan apa yang wartawan profesional lakukan dalam memberitakan suatu informasi. Informasi tersebut dapat diambil dari lingkungan sekitar, dari masalah kriminalitas, berita bola, kecelakaan lalu lintas hingga tentang adanya bencana alam seperti gunung meletus dan banjir bandang. Hal ini dapat didukung dengan teks, gambar, audio dan video. Fitur utama lainnya dari jurnalisme warga adalah bahwa hal itu biasanya ditemukan secara online. Bahkan, munculnya Internet, blog, podcast, video streaming dan hingga perkumpulan orang dalam suatu forum. Internet memberikan kemudahan dan kemampuan untuk mengirimkan informasi secara global. Mereka bisa memanfaatkan media sosial hingga media pemberitaan online.


Foto by ahadinsfahmi

Di bawah ini ada beberapa macam bentuk jurnalisme warga dan menempatkan mereka ke dalam dua kategori utama: semi-independen dan sepenuhnya independen.

1. Semi-Independen Citizen Journalism

Ini melibatkan warga berkontribusi untuk situs berita profesional. Pembaca memposting komentar mereka bersama cerita. Semakin banyak situs-situs berita memungkinkan pembaca untuk mengirimkan komentar. Dalam upaya untuk mencegah pesan cabul atau tidak menyenangkan, banyak situs mengharuskan pembaca mendaftar untuk dapat memposting. Pembaca menambahkan informasi mereka untuk artikel yang dilakukan oleh wartawan profesional. Misalnya, seorang wartawan memposting sebuah artikel tentang perbedaan harga gas di sekitar kota. Ketika cerita muncul online, pembaca dapat memposting informasi tentang harga gas di daerah yang tidak tercakup dalam cerita asli, dan bahkan menawarkan tips tentang tempat untuk membeli gas lebih murah.

Pembaca aktif bekerja sama dengan wartawan profesional dalam menyusun cerita. Seorang reporter mungkin bertanya bahwa pembaca dengan keahlian di daerah tertentu atau mengirimkan informasi nya tentang topik itu, atau bahkan melakukan beberapa pelaporan mereka sendiri. Informasi tersebut kemudian dimasukkan ke dalam cerita akhir.


2. Independen Citizen Journalism

Ini melibatkan jurnalis warga bekerja dengan cara yang sepenuhnya independen dan tradisional. Blog di mana individu dapat melaporkan peristiwa dalam komunitas mereka atau komentar tawaran pada isu sehari-hari. Atau sebuah platform website yang dijalankan oleh seseorang atau sekelompok orang yang melaporkan berita di lingkungan masyarakat setempat. Beberapa bahkan memiliki edisi cetak.



0 komentar: