Tuesday, January 22, 2013

0

Siapa Tak Kenal Dia

Professional photographer based in Indonesia Co-founder of Fotografer.net Publisher of Exposure Magazine Full-time photographer, part-time writer, lifetime traveller, easy-time music listener, past-time oilfield engineer. 



Kristupa Saragih adalah Fotografer Indonesia yang sering bepergian ke luar negeri. Dia mulai fotografi pada tahun 1991 dan menjadi fotografer profesional pada tahun 1996. Untuk meningkatkan keahliannya dalam bidang fotografi, Kristupa melakukan pekerjaan jurnalis dengan menjadi koresponden untuk Majalah Hai, majalah musik terbesar dan majalah remaja di Indonesia. Posisi ini membuatnya lebih mudah untuk mendapatkan pengalaman di ranah bisnis, mobil dan motor hiburan, dan bisnis musik. Ini membuatnya lebih mudah untuk perjalanan juga, sesuai dengan tugas. Tapi sekarang, ia terutama berkaitan dengan fashion dan fotografi glamor, tapi kadang-kadang memotret catwalk juga.

Pada tahun 2000, ia memutuskan untuk mencoba peruntungannya di bisnis minyak dengan bergabung perusahaan jasa terbesar bagi perusahaan minyak di dunia. Dengan posisi sebagai insinyur lapangan, Kristupa berpetualang di Vietnam dan Mesir. Dia tidak berhenti membuat gambar dan memelihara situs webnya sendiri. "Ini adalah dunia yang sangat berbeda, dengan gaya kerja yang sama: teknis, kreatif, kerja tim, underpressure, waktu yang terbatas dan berkomitmen untuk klien" tukasnya. Dimulai pada babak kedua tahun 2001, ia kembali ke Indonesia dan terus membuat gambar dengan kamera kesayangannya. Dia dipekerjakan oleh GudegNet, portal lokal, untuk menangani sudut fotografi sebagai konsultan dan sebagai-ahli-forum. Dia selalu menjaga kontak baik dengan kliennya: beberapa perancang busana Indonesia dan biro iklan, bahkan ketika ia pergi ke luar negeri.

Ini salah satu Fashion Photographer yang sangat mengisnpirasi saya, seorang fotografer yang memulai karirnya ketika beliau memadukan passionnya di bidang fotografi dan kesempatannya ketika bekerja di Vietnam dan Mesir. Saat itu Kristupa berkeliling di sekitar lingkungan tempat ia bekerja dan memotretnya, mulai dari memotret hingga menguploadnya di website pribadinya. Mungkin kalo saat itu dia menguploadnya di blog gratisan, mungkin bisa disebut dengan Fashion Photoblogger hehe

0 komentar: