Friday, November 23, 2012

0

8 Bekal dari Hartono Widjaja

Posted in ,
Siapa tak kenal dengan @BillyBoen, pendiri Young On Top yang menginspirasi pemuda-pemudi Nusantara belakangan ini dan seterusnya entah sampai kapan. Kali ini @Billyboen mengingatkan saya akan seminar YOT pada enam bulan yang lalu yang diadakan di UNDIP dan melakukan perekrutan YOT Campus Ambassador Chapter Semarang. Saya salah satu peserta yang belum beruntung bisa bergabung dengan YOT Semarang, namun saya masih ada harapan jika ada peluang kedua kali di buka di tempat yang sama. Tapi cerita saya kali ini adalah cerita apa yang telah saya alami sendiri ketika mengikuti seminar YOT dengan tagline YOUNG ON TOP ENTREPRENEURSHIP, “smart change in your life”. Yeah let's start it. Kali ini YOT mengusung beberapa inspirator-inspirator muda Indonesia seperti sang Empunya sendiri Billy Boen, Hartono Widjaja (CEO Volans Indonesia)  dan Arnaz Agung Adrarasmara (Sekretaris Umum HIPMI Jateng). Seperti biasa seminar ini open registrationnya sekitar pukul 08.00 - 09.00 WIB setelah itu dilanjutkan dengan opening speech dari CEO BNI 46 Jateng, Pembantu Rektor III UNDIP dan Billy Boen sendiri. Sesi pertama yang saya ikuti adalah dari CEO Volans Indonesia Hartono Widjaja yang menularkan pengalamannya dalam karir suksesnya, karir yang beliau rintis dari perusahaan yang hampir gulung tikar sampai menjadi perusahaan yang memiliki kelas di kalangan nya.
Dalam ceritanya, beliau tanya kepada pimpinan perusahaannya dan sedikit menantang keadaan dengan menyalurkan idenya tentang plan strategi untuk membangkitkan perusahaan bosnya. Beliau memiliki ide seperti ini "Saya akan menyelamatkan perusahaan ini, tetapi setelah apa yang aku lakukan nantinya, apakah ada bonus untuk saya?" pernyataan ini dilontarkan langsung kepada bosnya, mungkin baru pertama kalinya seorang karyawan perusahaan yang baru masuk dan masih muda. Namun Hartono Widjaja tak patah arang, beliau mempersiapkan segala sesuatunya, strategi, partner, usaha dan doa. Tak ayal, kalau tidak lupa dalam setahun dalam perjuangannya tersebut beliau mendapatkan apa yang diinginkannya, sebuah bonus setelah melakukan pencapaian. Kebetulan saya lupa apa saja yang diceritakan, namun saya merangkumnya dalam beberapa point beserta kata-kata mutiaranya, seperti di bawah ini :

1. Having the positive attitude
“There is little difference in people, but that little difference makes a big difference. That little difference is attitude. The big difference is whether it is positive or negative” W. Clement Stone 

     2. Having a belief (keyakinan)
“we become what we think about” Earl Nightingale


3. Having goals
“If  you don’t know where you are going, any road will take you there” Unknown
“It does not matter where you are coming from. All that matters is where you are going” Brian Tracy 

      4. Experiencing failures
“Only those who dare to fail greatly can achieve greatly” Robert F. Kennedy
“I have failed over and over again in my life and that is why I succeed” Michael Jordan
“I have not failed. I’ve just found 10,000 ways that won’t work” Thomas Edison
“Only those who do nothing make no mistakes” Unknown

Example : *Walt Elias Disney and *Soichiro Honda “people who failed than succeeded”  

 5. Keep motivating
“Motivational is like a fire, unless you add fuel, it goes out” Left Keller 
“When people are highly motivated, it is to accomplish the impossible. But when they are not motivated, it is impossible to accomplish the easy” Robert F. Kennedy 


 6. Awareness is there
Awareness, the enemies is our internal / itself, bad habits, fear of change, procrastination (sikap menunda-nunda), complacent (cepat puas), excuses.
“The world hates change, yet it the only thing that has brought the progress” Charles F. Kettering 

       7. Having the integrity (value of the human)
What you want to do if you are so success in life?
“Happiness depends on what you give, not what you can get” Mahatma Gandhi
“True character creater true champion” Darmadi Darmawangsa (Motivation – pain is temporary)


       8. Consistent and persistence action (No action…No results) 

  Dan perlu diingat bahwa segala sesuatu hanya bisa diupayakan oleh manusia dalam cara terbaiknya, namun tangan Tuhan memiliki kuasa untuk merealisasikannya.

Sayang seribu sayang, kesempatan mendengarkan pengalaman pembicara kedua dan ketiga saya lewatkan dengan sengaja, karena harus mengikuti acara malam keakraban bersama ke-33 mahasiswa dosen wali 10 Kg FKM UNDIP. Mungkin hanya ini yang bisa saya ceritakan, mungkin jika ada kesempatan lagi mengikuti seminar YOT atau mendapatkan mentoring program seperti anak-anak YOT Semarang akan saya share bagaimana proses keras dalam menjalaninya sebagai bekal di masa yang akan datang. 

0 komentar: