Saturday, November 10, 2012

0

TELADAN HIDUPKU

Posted in

Guru memang sosok teladan untuk murid-muridnya. Tanpa mengenal lelah, setiap hari selalu pergi ke sekolahan untuk mengajar. Baik dalam kondisi apapun, guru senantiasa penuh asa ingin mengantarkan murid-muridnya menuju kehidupan yang lebih baik.
Perjuangan menuju kehidupan lebih baik, dimulai dari sekolah-sekolah dengan guru-guru yang mengabdi tanpa menganal pamrih. Penuh intisari kehidupan setiap kerja keras guru. Guru seolah tangan kanan dari Negara untuk menciptakan pemimpin-pemimpin penerus kemerdekaan. Guru merupakan orang mulia, disetiap peluh dan keringat mengandung arti betapa pentingnya pengorbanan.

Sebuah kenistayaan, seorang pemimpin bisa muncul secara tiba-tiba tanpa ada seorang guru dibelakang yang mengajarinya. Guru hanya mengharapkan setiap murid-muridnya menjadi orang yang berguna untuk bangsa dan Negara. Guru merupakan suatu profesi yang mempunyai gelar “ Pahlawan Tanpa Tanda Jasa”, karena guru sungguh berjasa dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, serta membentuk moralitas anak bangsa agar menjadi pribadi yang berkarakter.
Tanpa adanya guru, sesungguhnya suatu Negara akan sulit dalam memajukan bangsanya. Bangsa yang maju, dikarenakan faktor pendidikan. Kemajuan suatu bangsa dan Negara terletak pada tingkat kemajuan pendidikan. Sedangkan bangsa dan Negara yang terbelakang, salah satunya karena tingkat pendidikan yang kurang memadai dan buruk.
Peran dari seorang guru, sehingga gelar Pahlawan Tanpa Tanda jasa melekat pada guru. Gelar terebut, membuat guru terus terpacu untuk selalu terus menerus mengembangkan diri serta kualitas dan kompetensi. Semua setuju bahwa betapa mulianya dan terhormatnya seorang guru, yang menjadikan bangsa cerdas untuk melakukan yang terbaik bagi masyarakat tanpa sepersenpun imbalan. Demi adanya generasi penerus yang mampu memberikan sumbangsih positif demi kesejahteraan bangsa.
Adanya peneliti, presiden, menteri, pejabat, cendekiawan, dan pengusaha dan semua profesi lainnya. Mereka dilahirkan dari didikan dan peran seorang guru. Guru adalah manusia biasa yang harus selalu kita dukung dan memberi penghargaan sebesar-besarnya. Berkat tangan-tangan guru, lahir seseorang yang mampu mengnahkodai Negara menuju kemakmuran. Kerja keras guru yang tanpa mengenal lelah dan pamrih, menjadi salah satu faktor betapa agungnya seorang guru demi kemajuan bangsa dan Negara.
Betapa luhurnya guru, sehingga menjadikan kaki dikepala dan kepala dikaki untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa dan Negara. Gelar pahlawan tanpa tanda jasa, pantas melekat pada guru. Tanpa meminta pamrih, dengan penuh rasa ikhlas, guru selalu memperhatikan masa depan bangsa dan Negara untuk terbangun dari keterpurukan dan keterbelakangan. Senyum dan tawa guru, sangat berarti demi terciptanya para pemimpin pembaharu kehidupan yang lebih baik dan maju.
Tanpa mengindahkan masalah pribadi dan keluarga, ketika melihat anak didik, guru seraya mempunyai tanggung jawab besar membawa dan mendorong anak didik mencapai cita-cita yang diharapkan dari anak didiknya. Sebuah kebanggaan, mendapati anak didiknya mampu maraih cita-cita. Betapa senang dan bahagia seorang guru dapat membawa anak didiknya menuju puncak prestasi tertinggi kehidupan.
Guru seorang manusia yang mempunyai hati malaikat, penuh suka cita dan antusias dalam mendidik, mencerdaskan, dan menciptakan moralitas anak didik menjadi pribadi yang baik dan mengedepankan keberanian moral untuk kemajuan bangsa dan Negara. Guru ialah tulang punggung untuk memajukan suatu bangsa dan Negara. Guru menyebarluaskan virus-virus kebaikan ke anak bangsa. Sehingga anak bangsa yang terinveksi virus kebaikan dari guru, akan menjadi sosok yang cinta tanah air dan selalu membuat sang merah putih berkibar di angkasa.

0 komentar: